Peresmian Rumah Singgah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa menjamin setiap orang dapat hidup sejahtera lahir dan batin serta memperoleh pelayanan kesehatan dengan penyelenggaraan pembangunan kesehatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya kesehatan termasuk Upaya Kesehatan Jiwa dengan pendekatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Upaya Kesehatan Jiwa harus diselenggarakan secara terintegrasi, komprehensif, dan berkesinambungan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah dan/atau masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam hal ini Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kabupaten Bone Bolango melaksanakan peresmian rumah singgah pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) pada Senin, 5 April 2021 di Kelurahan Tumbihe Kecamatan Kabila.

Dalam kegiatan ini diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Bone Bolango Ibu Dr. Merlan Uloli, S.E, MM dan juga turut hadir Ketua Jurusan Keperawatan Ibu Fatmawati Mohamad, S.Pd, S.Kep.Ns, MPH yang didampingi oleh Ibu Hafni Van Gobel, S.Kep.Ns, M.Kep sebagai perwakilan dari Poltekkes Kemenkes Gorontalo.

“Dengan adanya rumah singgah ini tentu akan memudahkan kita untuk menangani Pasien ODGJ dan Puskesmas Kabila sebagai lahan praktek Mahasiswa Jurusan Keperawatan diharapkan akan lebih efektif dalam hal pendidikan praktek klinik jiwa nanti” Kata Ketua Jurusan Keperawatan Ibu Fatmawati Mohamad, S.Pd, S.Kep.Ns, MPH.

Kegiatan juga dirangkaikan dengan Posyandu Jiwa yang dilaksanakan oleh Puskesmas Kabila, Pelayanan dibagi menjadi 5 (lima) meja dimana meja 1 (satu) untuk pengukuran tinggi, berat badan, lingkar perut, dan tekanan darah dan Screening Penyakit Tidak Menular, meja 2 (dua) pemeriksaan dokter, meja 3 (tiga) wawancara dalam menghadapi masalah dan pengobatan, meja 4 (empat) untuk kemandirian pasien misalnya membersihkan diri dengan mandi dan sikat gigi serta meja 5 (lima) untuk kreativitas.

Kegiatan Posyandu Jiwa Oleh Puskesmas Kabila. Senin 5 April 2021
Kegiatan Posyandu Jiwa Oleh Puskesmas Kabila. Senin 5 April 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *